Jumat, 31 Maret 2017

Hepatitis A Menurut Gejala Awalnya

Hepatitis A Menurut Gejala Awalnya- Satu dari berbagai macam jenis penyakit hepatitis yaitu Hepatitis A, penyakit yang disebabkan oleh Hepatitis A Virus (HAV) ini dapat terjadi pada siapa saja dan dimana saja, terlebih lagi bila lingkungan sekitar tercemar, dan kurang terjaga kebersihannya, hal ini dapat memicu timbulnya hepatitis pada seseorang.


Hepatitis A Menurut Gejala Awalnya
Hepatitis A

Hepatitis A

Penyakit Hepatitis A adalah suatu penyakit infeksi akut pada hati yang disebabkan oleh virus hepatitis A (HAV), yang umumnya ditularkan melalui fecal-oral melalui makanan yang terkontaminasi atau air minum. Setiap tahun, sekitar 10 juta orang diseluruh dunia terinfeksi virus. Waktu antara infeksi dan munculnya gejala, (periode inkubasi), adalah antara dua dan enam minggu dan rata-rata masa inkubasi adalah 28 hari.

Hepatitis A, Apa Sih Penyebabnya?

Hepatitis A ditemukan dalam feses (Tinja) dari seseorang yang memiliki hepatitis A. Virus ini tersebar paling sering ketika orang menaruh makanan atau benda yang terkontaminasi dengan tinja yang mengandung HAV kedalam mulut mereka. 

Sebagian besar orang mendapatkan virus setelah meminum air yang terkontaminasi karena, dibanyak bagian dunia, air minum yang terkontaminasi dengan limbah mentah. Virus hepatitis A ini juga dapat menyebar pada makanan mentah (seperti kerang mentah) dan buah dikupas dan sayuran yang dicuci dalam air yang terkontaminasi Hepatitis A.

Hepatitis A Menurut Gejala Awalnya

Hepatitis A juga dapat menimbulkan gejala, dan berikut beberapa gejala yang umum dirasakan oleh para penderita hepatitis A, diantaranya :
  1. Merasa mual.
  2. Muntah.
  3. Diare, terutama apabila terjadi pada anak-anak.
  4. Demam ringan.
  5. Kehilangan nafsu makan.
  6. Ruam.
  7. Merasa cepat lelah meskipun tidak mengerjakan sesuatu yang berat.
  8. Jaundice (Perubahan warna kuning pada kulit dan bagian putih mata)
  9. Urine berwarna kecoklatan / berwarna gelap.
  10. Nyeri di daerah hati, disisi kanan perut tepat dibawah tulang rusuk.
Di atas adalah beberapa info tentang Hepatitis A baik dari pengertian, penyebab dan gejalanya. Kami harapkan bisa menambah wawasan anda tentang penyakit Hepatitis A agar lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan.

0 komentar:

Posting Komentar