Senin, 27 Maret 2017

Demam Berdarah: Tingkat Keparahan Dan Pertolongannya

Demam Berdarah: Tingkat Keparahan Dan Pertolongannya - Terjadinya demam merupakan pertanda ada sesuatu yang tidak beres yang sedang terjadi di tubuh kita. Bila ada virus, bakteri atau kuman lain yang menjangkiti kita, maka tubuh akan bereaksi dan suhu tubuh yang tinggi dapat membantu membunuh virus tersebut. ketika terjadinya demam, aktivitas sel darah putih akan lebih meningkat dan bergerak lebih cepat untuk membunuh musuh penyebab infeksi.

Demam Berdarah

Demam adalah suatu kondisi apabila suhu tubuh berubah menjadi diatas normal. Pengukuran suhu tubuh dapat dilakukan dengan thermometer dengan menempatkannya dimulut. Suhu tubuh normal berkisar antara 36,5 – 37,2 derajat celcius, jika suhu tubuh telah mencapai 40 derajat Celsius  disarankan untuk berhati – hati, namun jika suhu tubuh telah melebihi 40 derajat celcius maka segeralah ke dokter untuk mendapatkan perawatan.

Demam Berdarah: Tingkat Keparahan Dan Pertolongannya
Demam Berdarah

Oleh karena itu jika terjadi demam  maka, tidak usah terburu – buru untuk mengkonsumsi obat untuk penurun panas, namun apabila dalam waktu kurang lebih 24 jam suhu tubuh meningkat maka segera hubungi dokter untuk melakukan pemeriksaan fisik dan mendiagnosis demam. Pada pengelolaan penderita demam, dokter memerlukan hasil pemeriksaan laboratorium untuk memastikan diagnosa penyebab demam agar pemberian pengobatan lebih tepat.

Penyakit demam berdarah atau biasa disingkat dengan DBD  (Demam Berdarah Dengue) hingga kini masih merajalela. Telah banyak korban yang berjatuhan, bahkan ada yang sampai meninggal dunia akibat terkena penyakit ini. 

Penyakit demam berdarah sering muncul pada bulan Mei dan bulan Oktober (masa peralihan musim). Demam Berdarah Dengue adalah penyakit lebih banyak menyerang anak – anak meskipun begitu orang dewasa juga tidak luput dari serangan penyakit ini.  Penyakit demam berdarah biasanya diawali dengan gejala demam  biasa yaitu demam yang dapat sembuh dengan sendirinya setelah beristirahat beberapa hari. Gejala demam berdarah hampir mirip dengan flu, sehingga seringkali menyebabkan kesalahan diagnosis.

Demam Berdarah Berdasarkan Tingkat Keparahanya

  1. Tingkat I. pada tingkatan ini, penderita mungkin tidak merasakan gejala apapun. Demam pada tingkatan ini biasanya dapat sembuh dengan sendirinya tanpa masalah. 
  2. Tingkatan II. Pada tingkatan ini demam tinggi terjadi selama 4 sampai dengan 7 hari ditandai dengan munculnya bercak – bercak pendarahan pada kulit serta tulang – tulang terasa nyeri. 
  3. Tingkatan III. Pada tingkatan ini terjadi pendarahan spontan dari hidung, mulut dan dubur disertai dengan gangguan sirkulasi darah  yang ditandai dengan denyut nadi cepat dan lemah, penurunan tekanan nadi serta kulit terasa dingin. Kasus penyakit demam berdarah seperti ini yang banyak terjadi di Indonesia. 
  4. Tingkatan IV. Ini adalah tingkatan yang paling parah, dapat menyebabkan kematian. Ditandai dengan demam yang sangat tinggi , tulang terasa nyeri, tekanan darah tidak teratur serta nadi tidak terdekteksi detaknya.

Demam Berdarah, Pertolongan Yang Harus Dilakukan

  1. Berikan penderita demam berdarah minum sebanyak – banyaknya kepada penderita. Tujuannya adalah untuk membantu menurunkan suhu tubuh penderita serta untuk mengganti cairan tubuh yang hilang karena sering buang air kecil
  2. Biarkan penderita untuk beristirihat sebanyak mungkin. Gunakanlah kompres dengan air dingin jika ingin menurunkan demam pada penderita.
  3. Berikan asupan makanan yang lembut dan bergizi pada penderita agar cepat menurunkan demam. Mislanya memberikan sop, bubur, madu maupun susu.
  4. Jika demamnya tidak mengalami penurunan selama beberapa hari disertai dengan gejala tangan dan kaki penderita terasa dingin maka segera bawa penderita ke Rumah sakit untuk mendapat penanganan dari dokter.
Demikian beberapa informasi mengenai penyakit demam berdarah. Jaga terus kesehatan kita dengan membaca beberapa tips untuk menghindari penyakit hipertensi dan tips untuk menghindarkan anak kita dari penyakit kegemukan.

0 komentar:

Posting Komentar